Selasa, 18 Maret 2008

N76, pink and stylish!!

Ketika Nokia mengenalkan seri N76, ada sesuatu yang menyita perhatian. Seri N satu ini tampil kemayu. Tidak seperti serial N lainnya yang sudah duluan muncul, yang lebih banyak mengedepankan tampilan futuristik. Sementara, dengan warna merah metalik dominan, yang dikombinasikan dengan lis perak mengkilat, serta desain lipat yang tipis, membuat N76 lebih menonjolkan kesan femininnya. Apalagi, ketika dalam keadaan standby, screen luar berubah menjadi cermin.

Image Nokia N76

Kisaran Harga : Rp 3.000.000 - 3.300.000,-


Vendor Nokia
Announcement Date 08 January 2007
Body
Dimension 106.5 x 52 x 13.7 mm
Weight 115 g
Antenna Internal
Network
Operating Band GSM(850, 900, 1800, 1900), UMTS(2100)
Network Data Support CSD, GPRS Class 10, EDGE (EGPRS), HSCSD, WCDMA (UMTS)
Display
Primary Screen Size 240 x 320 pixels
Primary Screen Type TFT
Primary Screen Color 16,777,216 color (24 bits)
Secondary Screen Size 160 x 128 pixels
Secondary Screen Type TFT
Secondary Screen Color 262,144 color (18 bits)
User Interface
Keypad/Keyboard Alpha Numeric (0-9)
Touch screen (stylus) Tidak
Function
Speaker Phone Ya
Messaging Support SMS, EMS, MMS
Camera 2 MP (1632 x 1224)
Vibration Ya
Sound Support Polyphonic 64 Tones
Radio Ya
Memory and Battery
Internal Memory 26 MB
External Memory Type TransFlash (MicroSD)
Battery Type Li-Ion
Connectivity
Infra Red Tidak
BlueTooth v2.0
WiFi none (Tidak Ada)
Data Cable USB
Software
Operating System Symbian v.9.2
Browser WAP v.2.x, xHTML, HTML
Java Support MIDP v.2.0
Additional Information
- Selling contents:
- Nokia Connectivity Cable (DKE-2)
- Nokia Battery (BL-4B) 700mAh
- Nokia Travel Charger (AC-4)
- Nokia Classic stereo headset with new Nokia A/V 3.5mm (HS-43)

- Video capture: up to QVGA at 15 fps
- Video clip length: limited by available memory
- Video file format: .mp4 (high), .3gp (normal, MMS)

- Front CIF+ (384 x 320 pixels) Camera for video call

- Video call time: up to 75 minutes
- Music playback time: up to 8 hours (offline mode )
- Talk time: up to 120 minutes (WCDMA) / up to 165 minutes (GSM)
- Standby: up to 8.5 days (WCDMA ) / up to 8.5 days GSM)

DESAIN

Oleh karenanya, meski sah-sah saja bila kaum adam memakainya, tetapi jelas N76 ini lebih pantas berada dalam genggaman para wanita. Terutama mereka yang bekerja kantoran, baik para eksekutif maupun profesional. Entah kalau balutan merah metaliknya diganti dengan abu-abu metalik, mungkin jadi pantas juga untuk para pria. Namun sementara ini, biarlah N76 tetap tampil kemayu.

Tapi jangan tertipu dulu dengan tampilan feminin N76. Di balik kesan kemayu itu, tersimpan segudang fitur multimedia terkini, semacam kamera, pemutar musik dan video, koneksi internet, 3G enable. Belum lagi fitur lain semacam GPS, Lifeblog. Dan, nah ini yang juga menarik, N76 juga punya aplikasi office.

KEYPAD
N76 memakai konsep keypad flat, yang ukuran tombolny abesar-besar. Sepintas, mirip dengan keypad yang digunakan Motorola pada seri RAZR. Meski terbuat dari bahan metal, tombol tetap terjaga kelembutannya. Apalagi dengan ukuran yang besar, tombol sangat ergonomis ketika digunakan.

MEMORI
Ponsel ini memiliki memori internal sebesar 26 megabyte. Tak besar memang. Untuk itu, ada slot memori eksternal jenis micro SD, yang bisa diekspan hingga 1 GB. Ruang memori itu cukup untuk menampung puluhan file musik, picture, video, dan file aplikasi office, semacam PDF file, note, rekaman suara, dan lain-lain.

MULTIMEDIA
Seperti disebutkan tadi, N76 punya fitur multimedia lengkap, bahkan sangat lengkap. Mulai dari fitur multimedia standar, seperti kamera dan pemutar musik, juga dilengkapi aplikasi office, meski dengan fungsi terbatas. Tak ketinggalan akses internet dan email. Dan, dukungan memori eksternal jenis micro SD hotswap, dengan kapasitas hingga 1 gigabyte.

ADOBE PDF
Salah satu aplikasi office yang dibenamkan di ponsel ini adalah Adobe PDF. Dengan fitur ini, kita bisa membuka file PDF, entah itu berasal dari attachment email, maupun dari download atau dari memori card. Dengan layar dalamnya yang lebar (37 x 50 mm), serta ketajaman layar TFT 16 juta warnanya, sangat nyaman membaca file PDF. Tak ada memang, aplikasi word document. Tetapi, sekadar membuat catatan-catatan sederhana, bisa dilakukan dengan aplikasi Note. Bahkan, untuk kenyamanan mengetik, bisa menggunakan keyboard wireless, yang terkoneksi lewat bluetooth.

INTERNET
Ponsel ini juga punya fasilitas koneksi internet yang memuaskan. Pertama, berkat dukungan jaringan 3G (WCDMA), kita bisa mengakses internet berkecepatan tinggi. Enaknya, pengguna tak usah repot melakukan setting untuk itu, karena N76 sudah dilengkapi proxy setting. Lalu ada menu search, yang berfungsi seperti serach engine semacam google. Untuk email, ponsel ini bisa mengirim dan secara otomatis menyimpan email yang diterima. Kita bisa membuat folder khusus email di menu messaging. Kalau mau mengecek emal masuk, tinggal buka folder tersebut. Kalaupun email yang diterima, memuat file attachment semacam word, spreadsheet, presentation, PDF dan ZIP, tak usah khawatir. Semuanya bisa dibuka di ponsel ini.

MUSIK
Sekarang coba lihat fitur hiburannya. Pemutar musik digitalnya mampu memainkan beragam format musik, dan dilengkapi dengan playlist dan serta equalizer. Kualitas suara? Luar biasa bagus. Speaker yang diletakkan di bagian bawah badan ponsel, menghasilkan suara stereo yang benar-benar bagus. Terlebih bila didengarkan lewat headset stereo Nokia. Dan asyiknya, kita tetap bisa menikmati alunan musik, meski ponsel digunakan untuk fungsi lain (multi tasking).

GPS DATA
Ponsel cantik ini bisa pula menjadi alat pencari lokasi, dengan aplikasi GPS di dalamnya. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan navigasi, menentukan koordinat lokasi serta penentu jarak antara dua titik lokasi. Namun untuk mengaktifkan aplikasi ini, dibutuhkan perangkat tambahan modul Nokia wireless GPS module seri LD-3W atau LD-1W. Ini yang membuat aplikasi ini menjadi kurang begitu praktis.

LIFEBLOG
Hasil foto, rekam video, ataupun file-file lain (SMS, MMS, musik, dll) dapat dikumpulkan di dalam satu folder, untuk kemudian dikirim ke blog Anda. Termasuk, file-file hasil download dari berbagai situs. Dalam fitur ini, kita dapat mensortir lagi, melakukan rotasi pada image, sebelum dikirim ke account blog.

RADIO FM
Kita juga bisa menikmati siaran radio FM, yang seperti biasa memerlukan headset untuk mengaktifkannya. Ada sesuatu yang baru di sini, plug untuk headset-nya berukuran 3,5 mm, sama seperti plug di kebanyakan pemutar musik portable lain. Sayangnya di sini belum tersedia layanan visual radio. Kalau ada, kita juga bisa melakukan interaksi dengan stasiun radio favorit, ikut kuis dan mencari informasi data lagu (judul, artis, album).

KAMERA
Adapun kameranya, berbekal kamera 2 Mpix yang dilengkapi flash light. Ketika difungsikan sebagai kamera, tampilan viewfinder di layar berubah menjadi horisontal. Hasil kameranya sendiri biasa-biasa saja, namun tampak tajam ketika ditampilkan di layar. Maklum, layarnya sudah 16 juta warna TFT. Hasil foto, dan juga rekaman videonya, bisa diedit. Menambahi teks, maupun menjadikannya klip video (untuk rekaman video).

PERFORMA
Sungguh nyaman memakai ponsel berbasis Symbian seri 60, yang menggunakan UI S60 3rd edition ini. Mulai dari starting yang cepat, respon perintah yang juga cepat (seperti ketika dipakai mengetik SMS), hingga ke fungsi fitur yang berjalan sangat baik. Kualitas suara tak usah diragukan. Begitu pula dengan fungsi koneksi, yang menerima kiriman file PDF sebesar 29 kb, yang diterima hanya dalam waktu kurang dari dua detik. Video call? Sempurna.

BATERAI
Jenis baterai: BL-4B 700 mAh.
Keterangan vendor: standby time bervariasi, 8,5 hari (WCDMA) dan lebih dari 8,5 hari (GSM). Talktime 2 jam (WCDMA), 75 menit video call dan 165 menit (GSM)
Hasil test: Digunakan untuk voice call, music player, ketahanan baterai sepertinya mendekati seperti apa yang diklaim pihak vendor.

Tidak ada komentar: