Jumat, 21 Maret 2008

Dual GSM, Samsung SGH D880 DuoS

Kisaran Harga : Rp. 3.800.000 - 4.000.000,-

Setelah menjadi piooner ponsel dual mode (GSM/CDMA) di Tanah Air, Samsung Mobile mengenalkan ponsel dual GSM dari seri SGH-D880. Ponsel ini berciri memiliki dua slot kartu SIM GSM yang terletak di balik baterai. Dalam pengoperasian, kedua SIM GSM dapat aktif bersamaan untuk menerima dan melakukan panggilan. Di awal pengaktifan ponsel, diminta menentukan pilihan default kartu utama dalam menu SIM card management. Untuk melakukan panggilan juga sangat mudah, ketik/ambil nomor tujuan dari phonebook, lalu gunakan tombol shortcut switch jaringan di sisi kanan ponsel. Anda dengan bebas dapat memilih, mau menelpon dengan nomor GSM pertama atau kedua. Begitu pula saat akan berkirim SMS.

DESAIN
SGH-D880 yang diberi julukan ”The DuoS” dirancang dengan konsep sliding yang tergolong bongsor, namun nyaman dalam pengoperasian, berkat sistem hentakan folder yang halus. Ukuran keypad di desain cukup ’lebar’ dengan bentangan rata-rata lebih dari 10 mm. Bentangan ukuran layar juga terbilang memuaskan mata, layar TFT 262 ribu warna memiliki dimensi 2.3 inchi dengan resolusi 240x320 pixels. Untuk navigasi menu, seperti biasa mengandalkan tombol navigasi empat arah yang customized.

KAMERA
Di segmen ponsel dual mode, SGH-D880 jadi yang terunggul untuk urusan kamera dengan resolusi 3 megapixels (2048x1536 pixels). Kamera masih menggunakan CMOS auto fokus tanpa bekal flash light. Pada sisi lensa ditempatkan cermin mini untuk self portrait. Fitur pada kamera yang menonjol yakni panorama shot, aneka efek, white balance dan ISO. Untuk rekam video belum sampai pada resolusi VGA, yakni mengandalkan resolusi maksimal 352x288 pixels. SGH-D880 mendukung digital zoom, hingga 4x pembesaran.

MUSIK
Fasilitas musik disiapkan dalam menu utama, kemampuan yang paling diunggulkan adalah koneksi bluetooth stereo. Koleksi lagu MP3 dapat diputar per folder atau tertentu. Kelengkapan yang ada yakni repeat mode, shuffle, equaliser (rock/jazz/classic dan normal), serta ketinggalan teknologi 3D sound. Keberadaan memori cukup penting mendukung pemutar musik, ponsel ini disiapkan dengan memori internal 40MB, plus dukungan slot kartu Micro SD hingga kapasitas 2GB.

INTERNET
Samsung SGH-D880 rupanya disiapkan untuk tampil biasa dalam koneksi internet, dibuktikan dengan tidak adanya akses 3G. SGH-D880 hanya dibekali GPRS kelas 10 berkecepatan 32 - 48 Kbps, dan EDGE kelas 10 dengan speed rata-rata 236.8 Kbps. Browser GPRS dibekali dengan 15 bookmark address. Dalam versi uji coba, ponsel ini belum disiapkan setting inject proxy. Masih terkait internet, SGH-D880 dilengkapi fasilitas email client POP3.

RADIO FM
Fitur FM radio memang sudah jamak ada di ponsel-ponsel Samsung. Di SGH-D880, fitur ini ditempatkan pada menu tersendiri. Kemampuan radio FM mencakup self tuning dan background playing (multi tasking). Tapi ada lagi yang menu yang menarik seperti programe reminder dan alarm radio. Kualitas suara bisa didengarkan lewat headset dan spaker, tapi tetap headset harus selalu terpasang.

IMAGE EDITOR
Fitur ini menjadi pelengkap untuk hasil foto, terdiri dari tambahan fungsi efek, adjustment (contrast dan brightness), transform gambar (resize dan rotasi), croping dan insert (frame/image/clip art dan emoticon). Foto yang akan di edit bisa diambil langsung dari folder, atau take photo.

SOS MESSAGE
Ditempatkan dalam menu message, terdiri dari 5 recipent number dan fungsi repeat hingga 5 kali. Dikendalikan dari tombol volume.

BATERAI
Berbaterai lithium ion 1200 mAh.
Versi vendor menyebut ponsel ini memiliki waktu siaga 200 jam dan waktu bicara 3 jam. Kapasitas baterai yang besar memang diperlukan bagi ponsel dual GSM, sebab ada dua jaringan yang aktif bersamaan. Dalam uji coba untuk waktu siaga, ponsel bisa bertahan sampai 3,5 hari, dalam pengoperasian fitur minimal.

KINERJA
SGH-D880 bisa menjadi ponsel pilihan yang pas bagi Anda yang punya dua nomor GSM favorit, tapi bosan dengan bawa dua handset. Meski SGH-D880 didukung 3D sound, tapi pancaran suara dari speaker hasilnya tak sejernih yang ada di seri SGH-U700. Memang ponsel ini tak dibekali dual speaker. Tombol navigasi dirancang kurang ergonomis, dimana jarak antar titik terlalu dekat. Walau mengadopsi dual mode GSM, konsumsi baterai tidak terlampau besar.

Tidak ada komentar: